5 Kesalahan Atur Keuangan Ini Sering Dialami Pengantin Baru

  1. Tidak Memiliki Rencana Keuangan Jangka Panjang 

Rencana keuangan sangat penting bagi kamu yang akan segera menikah untuk menjalani kehidupan berkeluarga dalam jangka panjang. Jadi, diskusikanlah bersama pasanganmu terkait dengan tujuan keuangan, jadwal anggaran, kepemilikan aset, dan lainnya. Sebaiknya hal ini sudah dibicarakan sebelum hari pernikahan. 

  1. Tidak Punya Panduan 

Salah satu hal wajib yang perlu dilakukan oleh pengantin baru adalah diskusi dengan jujur tentang uang. Banyak pengantin baru yang melakukan kesalahan tentang pengelolaan keuangan karena  tidak memiliki panduan. Pembicaraan harus detail yang mencakup jumlah tabungan, hutang, hingga kebangkrutan. 

  1. Menggabungkan Keuangan Sebelum Menikah 

Jangan terburu-buru menggabungkan keuangan bersama sebelum menikah. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terburuk untuk berpisah sebelum pernikahan terjadi. Cukup untuk membuat kesepakatan dan rencana keuangan dulu, namun penggabungan keuangan dilakukan setelah menikah. 

  1. Berbohong pada pasangan 

Pastikan kamu saling terbuka dengan pasangan terkait dengan situasi keuangan yang sebenar-benarnya sebelum menikah. Komunikasikan pendapatan dan pengeluaran masing-masing  untuk menjaga hubungan yang harmonis.  

  1. Memisahkan keuangan setelah menikah

Beberapa orang mungkin masih enggan untuk menggabungkan keuangannya dengan pasangan karena pengeluaran yang tidak seimbang. Namun, menggabungkan keuangan bisa mempermudah kamu dalam mencapai tujuan keuangan. Langkah ini juga meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap satu sama lain.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.