6 Istilah Dalam Investasi Saham Yang Wajib Kamu Tahu!

Earning Per Share (EPS)

Earning Per Share adalah laba bersih perusahaan yang dibagi per lembar saham yang beredar. Nilai EPS yang semakin meningkat menunjukkan bahwa laba perusahaan meningkat dan perusahaan bertumbuh. 

Price to Earning Ratio (PER)

PER adalah perbandingan harga saham sebuah perusahaan dengan laba yang dihasilkan perusahaan tersebut. Analisa PER suatu perusahaan dapat dilakukan dengan cara membandingkan PER dalam industri sejenis. Harga sebuah perusahaan dianggap lebih murah ketika nilai PER lebih kecil dari rata-rata emiten lainnya dalam industri sejenis. 

Price to Book Value (PBV)

PBV adalah rasio harga saham terhadap nilai buku perusahaan. PBV digunakan untuk melihat seberapa besar kelipatan nilai pasar saham perusahaan dengan nilai bukunya. Misalnya PBV sebesar 2x, artinya harga saham tersebut dua kali lipat dari kekayaan bersih suatu perusahaan. 

Debt to Equity Ratio (DER)

DER adalah rasio untuk melihat berapa besar utang dibandingkan total ekuitas yang dimiliki perusahaan. Sebagai acuan dalam menganalisis, nilai DER yang lebih besar dari 1 menunjukkan bahwa utang suatu perusahaan lebih besar daripada ekuitasnya. Sedangkan nilai DER yang lebih kecil dari 1 menunjukkan bahwa utang perusahaan masih bisa ditoleransi. 

Return On Equity (ROE)

ROE adalah perbandingan laba bersih setelah pajak dengan ekuitas yang telah diinvestasikan pemegang saham perusahaan. Biasanya, investor memilih perusahaan dengan ROE yang tinggi karena perusahaan tersebut dapat mengelola modalnya sehingga menghasilkan laba besar.

Dividend Yield (DY)

DY adalah dividen per lembar saham dibagi dengan harga saham. Rasio ini menunjukkan besaran keuntungan yang dibagikan perusahaan kepada pemegang saham. Saham dengan DY yang tinggi biasanya akan naik harganya saat pengumuman dividen. Para investor jangka panjang akan memburu saham dengan DY yang tinggi untuk mendapatkan return yang konsisten setiap tahunnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.