7 Sumber Income Menuju Financial Freedom

#1 Pendapatan Royalti

Pendapatan royalti adalah pendapatan yang diberikan kepada kita atas penggunaan barang seperti pencipta mendapatkan sejumlah uang ketika ciptaannya diproduksi dan dijual, penulis memperoleh bayaran ketika hasil karya tulisnya dijual, pemilik tanah menyewakan tanahnya ke perusahaan tambang atau minyak akan memperoleh keuntungan atas dasar jumlah minyak yang dihasilkan dan tanah tersebut.

#2 Pendapatan Sewa

Pendapatan sewa atau yang sering disebut rent earned pendapatan yang didapat dari sang peminjam atas hak guna suatu benda. Contohnya, kita bisa mendapat sejumlah uang dengan memberikan hak tinggal disebuah apartemen. 

#3 Pendapatan Bunga

Pendapatan bunga merupakan sejumlah uang yang dibayarkan kepada entitas untuk meminjamkan uangnya atau membiarkan entitas lain menggunakan dananya. Perlu digaris bawahi bahwa pendapatan bunga termasuk ke dalam riba. Jadi hati-hati bagi kamu yang memiliki pantangan bertransaksi secara riba.

#4 Pendapatan Modal

Pendapatan modal yang dimaksud di sini adalah pendapatan peningkatan modal atau yang biasa disebut capital gain. Capital gain adalah keuntungan yang didapat dari investasi dalam surat berharga. Salah satu contohnya adalah properti. Misal capital gain harga 1 Miliar menjadi 1.5 Miliar.

#5 Pendapatan Dividen

Pendapatan dividen adalah pendapatan yang berasal dari pembagian keuntungan dari suatj perusahaan kepada pemilik saham berdasarkan banyaknya jumlah saham yang ia miliki.

#6 Pendapatan Hasil Kerja

Pendapatan hasil kerja adalah pendapatan umum yang biasa orang peroleh dari hasil dari melakukan suatu pekerjaan. Seseorang akan digaji dengan sejumlah uang sesuai kesepakatan atas tenaga, waktu, dan pikiran yang telah ia berikan kepada si penerima hasil kerja.

#7 Pendapatan Penjualan Kembali

Pendapatan penjualan kembali adalah pendapatan yang diperoleh seseorang atas barang yang ia jual kembali. Umumnya kita temui bahwa seseorang menjual kembali barang tersebut dengan harga yang lebih murah dari harga belinya karena value barang tersebut menurun. Namun seseorang dapat menjual kembali suatu barang lebih tinggi daripada harga belinya jika ia dapat memberikan value yang besar pada barang tersebut.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.