Bukan Makhluk Astral, Jangan Takut Untuk Investasi!

Tidak ada yang investasi yang pasti bukan berarti kalian tidak bisa mendapatkan keuntungan dari berinvestasi. Ada beberapa strategi yang dapat kalian gunakan untuk mendapatkan investasi yang menguntungkan. Sebelum itu, kalian wajib untuk mengenali apa saja ketakutan yang dapat menghambat atau bahkan menghentikan kalian berinvestasi.

Ketakutan # 1: Takut Kehilangan Uang Karena Melakukan Investasi yang Buruk

Ketakutan yang mereka rasakan bukan hanya sekedar alasan. Bagaimanapun, peluang untuk kalian kehilangan uang di pasar saham terkadang menimbulkan kerugian yang cukup besar. Namun ada dua alasan mengapa kalian tidak perlu merasa takut untuk berinvestasi. Pertama, Jika Anda merasa jenis investasi yang kalian pilih terlalu beresiko dan membingungkan, maka kalian bisa beralih ke jenis instrumen investasi lain yang jauh lebih mudah. Kedua, berinvestasi mengharuskan kalian untuk belajar dan melakukan riset tentang perusahaan terbaik untuk memastikan industri bisa terus berkembang di masa depan. Semakin baik kemampuan kalian dalam meriset perusahaan yang tepat, maka peluang kalian untuk mendapatkan keuntungan dari investasi akan semakin besar.

Ketakutan # 2: Gak Punya Cukup Uang untuk Berinvestasi

Pada dasarnya berinvestasi adalah permainan orang yang berduit dan bukan sesuatu yang dapat kalian lakukan ketika uang sedang sekarat. Sebagian orang mungkin akan hidup dalam kesulitan jika tidak memiliki ruang ekstra dalam anggaran mereka. Tetapi sebagian yang lain memilih untuk mulai berinvestasi tidak peduli berapa banyak uang yang mereka miliki dengan harapan mendapatkan keuntungan dari investasi.

Ada tempat investasi mudah untuk kalian dapat mulai berinvestasi dengan biaya rendah yaitu dengan 401 (k) atau program pensiun pemberi kerja lainnya. Tidak ada kontribusi minimum, dan jika kalian memiliki atasan yang cocok, kalian bahkan mungkin dapat dengan cepat menggandakan uang kalian dengan setiap dolar yang kalian investasikan.

Jika kalian tidak memiliki akses ke 401 (k), kalian dapat membuka IRA dengan platform yang menawarkan portofolio berbiaya rendah berbasis indeks tanpa saldo atau kontribusi minimum. Ada banyak cara untuk mulai berinvestasi tanpa banyak uang. Dan dengan berinvestasi akan membantu kalian mengurangi kesulitan keuangan di masa depan.

Ketakutan # 3: Tidak Tahu Siapa yang Harus Dipercaya

Dunia investasi dipenuhi dengan suara-suara yang tidak dapat dipercaya, beberapa orang berusaha menipu kalian. Sulit untuk mengetahui siapa yang harus dipercaya. Tetapi ada beberapa cara untuk menghindari hal ini.

Pertama, jika kalian memang menginginkan nasihat profesional yang baik dan jujur, carilah bantuan dari perencana keuangan berbayar. biasanya mereka para profesional yang dengan sengaja memilih untuk tidak menerima komisi atau pembayaran lain dari perusahaan keuangan dan menempatkan diri mereka tepat di sisi klien mereka.Kedua, teknologi dan informasi yang tersedia bagi investor saat ini lebih baik daripada sebelumnya sehingga memberi kalian kesempatan untuk mempercayai diri sendiri, mempelajari dasar-dasarnya, dan menerapkan strategi investasi terbaik sendiri.

Terlepas dari semua itu, kalian harus berhati-hati tentang dari siapa kalian mendapatkan nasihat. Tetapi ada banyak sumber informasi terpercaya yang seharusnya tidak menghalangi kalian untuk berinvestasi.

Ketakutan # 4: Bingung Bagaimana Cara Memulainya

Beberapa orang tidak kunjung memulai investasi dikarenakan kurangnya ilmu tentang investasi sehingga membuatnya terlihat rumit. Ada beberapa cara mudah untuk membuatnya tetap sederhana. Ada cara mudah untuk kalian dapat memulai investasi yaitu dengan berkontribusi pada 401 (k) kalian atau program pensiun pemberi kerja lainnya. Kontribusi kalian secara otomatis akan dipotong dari gaji Anda, dan sebagian besar 401 (k) sekarang memungkinkan kalian untuk berinvestasi dalam dana pensiun tanggal target yang memberi kalian akses ke seluruh portofolio dalam satu dana.

Terlepas dari semua ketakutan di atas, penting bagi kalian untuk mengetahui bahwa kunci untuk memulai berinvestasi adalah menyumbangkan uang di suatu tempat dengan keputusan yang cerdas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.