mencatat keuangan

Cara Melunasi Hutang yang Terlanjur Menumpuk

Tidak sedikit yang terbelit hutang lantaran kebutuhan hidup sehari-hari. Meskipun, ada pula yang terjebak hutang lantaran gaya hidup yang dahulu berlebih-lebihan. Lantas, bagaimana cara melunasi hutang yang telanjur menumpuk?

Setidaknya ada 3 cara yang dapat Anda tempuh untuk bisa lekas melunasi hutang dihadapi.

1. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Sebagian orang kerap mengabaikan pencatatan keuangan rumah tangga. Bahkan, beberapa orang bingung mengapa pemasukan selalu terasa kurang.

Solusinya adalah mulai bersikap tegas dan siapkan buku catatan yang khusus digunakan untuk menuliskan pengeluaran yang mencakup kebutuhan pokok pribadi dan keluarga.

Demikian halnya dengan pemasukan yang diperoleh, tuliskan semuanya agar Anda tahu secara rinci kondisi keuangan Anda.

melunasi hutang

2. Cara Melunasi Hutang dengan Mengubah Pola Hidup

Selain melakukan pencatatan keuangan secara detail, Anda perlu menelaah kembali pola hidup yang selama ini dijalankan. Sesuaikan apa yang diperoleh dengan pola hidup yang Anda jalani.

Untuk hal yang satu ini, sangat penting untuk meminta pemahaman dari seluruh anggota keluarga. Terlebih kalau Anda sudah memiliki anak-anak yang memang umumnya memerlukan kebutuhan tinggi.

3. Mengamalkan Doa untuk Melunasi Hutang

Inilah langkah yang paling jitu dalam mempercepat lunasnya hutang-hutang Anda, yaitu dengan meminta kepada Allah yang Mahakaya. Hal ini senada dengan kisah yang diriwayatkan oleh Abu Dawud.

mencatat keuangan

Pada suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke sebuah masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah RA sedang duduk. Beliau bertanya:

”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?”

Ia menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya:
”Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah Ta’ala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?”

Ia menjawab: ”Tentu, wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Rasulullah SAW bersabda,
”Jika kau berada di waktu pagi maupun sore hari, bacalah do’a:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Artinya:

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Singkat cerita, setelah Abu Umamah mengamalkan doa tersebut, dia berkata:

”Setelah membaca do’a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR. Abu Dawud)

hadis mengenai hutang

Bagi yang rajin membaca almatsurat tentu telah rutin membaca doa ini. Kalau pun belum, mulailah mengamalkannya setiap hari.

Jadi kalau Anda saat ini sedang bingung bagaimana cara melunasi hutang, cobalah berdoa sebagaimana hadis di atas. Bismillah…Semoga Anda diberikan kemudahan untuk segera mampu melunasi hutang … Aamiin.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.