Kata Siapa Milenial Gak Bisa Beli Rumah?

Memiliki rumah di usia muda menjadi impian banyak orang. Sayangnya, generasi milenial dianggap kesulitan membeli hunian pertama mereka karena harganya yang sangat tinggi. Biaya hidup yang besar dan tidak sebanding dengan penghasilan yang didapatkan membuat milenial merasa bahwa membeli rumah sangatlah jauh dari jangkauan. Terlebih lagi kenaikan harga rumah melesat lebih cepat daripada kenaikan gaji. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas bagaimana tips untuk bisa membeli rumah bagi generasi milenial. 

  1. Miliki tabungan khusus beli rumah 

Langkah awal untuk mendapatkan rumah impian adalah dengan menyisihkan uang dari pendapatan kamu. Pisahkanlah tabungan beli rumah dengan rekening sehari-hari. Hal ini akan mempermudah kamu dalam memantau apakah uang yang terkumpul sudah mendekati target harga rumah atau belum. 

  1. Konsisten 

Kamu harus menetapkan jumlah tabungan yang disimpan setiap bulannya begitu gaji baru diterima. Jangan menunda-nunda sampai akhir bulan ya! Kamu juga bisa investasi ke reksa dana yang menyediakan return lebih tinggi dan tingkat keamanan yang baik dibandingkan dengan tabungan. Kamu bisa memanfaatkan fitur reksadana autoinvest yang secara otomatis memotong rekening dalam jumlah dan waktu tertentu setiap bulan agar diinvestasikan di instrumen reksa dana yang dipilih. 

Apapun pilihanmu, baik menabung di tabungan atau reksadana, kamu harus konsisten untuk bisa mencapai target yang diperoleh di masa depan. 

  1. Pantau harga properti 

Pergerakan harga properti sangat cepat di pasaran. Itulah yang biasanya menjadi alasan utama generasi millennial harus membeli rumah sedini mungkin. Semakin lama kamu menunda untuk membeli rumah, tentunya dana yang disiapkan semakin besar di masa mendatang. 

Harga properti juga dipengaruhi oleh lahan perumahan yang semakin sedikit. Apalagi untuk mendapatkan lahan yang strategis dengan harga yang terjangkau, akan semakin ketat persaingannya. Jadi, pantau terus harga properti incaran kamu ya! 

  1. Manfaatkan KPR 

Membeli rumah melalui Kredit Perumahan Rakyat (KPR) bisa menjadi pilihan yang tepat untuk generasi milenial. Kamu bisa meringankan beban tahunan dengan membayar lebih banyak di awal. Dengan demikian, proses pembayaran cicilan, bunga, pajak, dan lainnya tidak akan mempengaruhi tabungan masa depanmu. 

  1. Mulai Berinvestasi 

Menyimpan uang di tabungan dalam jangka waktu yang lama bukan lagi menjadi pilihan yang bijak. Mulailah untuk berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Ada berbagai macam jenis investasi yang aman untuk dilakukan, mulai dari emas, deposito, dan reksa dana.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.