Kesalahan Keuangan Usia 20-an

Usia dua puluhan memang usia yang rentan membuat kesalahan tidak terkecuali kesalahan dalam keuangan. Kesalahan keuangan terjadi karena kurangnya pengetahuan dalam menggunakan dan merencanakan keuangan yang dapat mengakibatkan utang dan permasalahan keuangan lainnya. Maka dari itu, penting untuk kita belajar keuangan sejak usia muda dan mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan di usia tersebut. Berikut adalah kesalahan keuangan usia dua puluhan.

#1 Tidak Memiliki Tujuan Keuangan

Sebagian besar orang berusia dua puluhan belum menentukan tujuan keuangan mereka secara spesifik. Kebanyakan dari mereka hanya memiliki tujuan keuangan jangka pendek, seperti membayar sewa dan tagihan. Sehingga banyak dari mereka menghabiskan uangnya di waktu sekarang dan lupa untuk memikirkan keuangan masa depan. Buat kalian yang belum memiliki tujuan keuangan, mulailah menyusun keuangan jangka panjang untuk kepentingan masa depan seperti membeli rumah, biaya sekolah anak, dan lain-lain.

#2 Gemar Berfoya-Foya

Usia dua puluhan merupakan usia dimana seseorang suka melakukan banyak hal yang menyenangkan dan kekinian. Sehingga Banyak mereka yang masih muda menghabiskan uang terlalu banyak untuk bermain dan membeli barang-barang branded. Hal ini dapat menjerumuskan seseorang ke dalam gaya hidup yang boros. Membeli barang hanya untuk kesenangan sesaat dan tanpa disadari uang yang mereka miliki habis begitu saja. Alangkah baiknya jika mereka dapat membiasakan diri dengan menabung untuk kebahagiaan jangka panjang.

#3 Tidak Memiliki Dana Darurat

Suka menghabiskan uang untuk bersenang-senang, kebanyakan orang lupa untuk menyimpan uang sebagai dana darurat untuk kebutuhan yang tak terduga. Mungkin sekarang kalian merasa aman-aman saja, tapi kita ga bisa memprediksikan keuangan di masa depan, kan? Memiliki tabungan dapat membantu kalian melewati masa keuangan yang mungkin terjadi di masa depan. Cobalah untuk membuat tabungan setidaknya 6 bulan biaya hidup untuk masa depan.

#4 Berhutang Kartu Kredit

Demi memenuhi keinginan semata, sebagian orang memilih berhutang dengan kartu kredit. Meski mudah, namun cicilan kartu kredit ini dapat mengusik keuangan kalian di usia 30 an loh. Karena jika kalian memilih untuk membuat pembayaran bulanan minimum, kalian mungkin baru bisa melunasi kartu kredit kamu pada usia tiga puluhan nanti. Padahal kebutuhan pada saat itu mungkin lebih banyak daripada kebutuhan sekarang. Jika sekarang kalian memiliki utang kartu kredit, cobalah untuk fokus untuk melunasi utang kartu kredit sesegera mungkin. Dan hindari keinginan untuk menambah utang kartu kredit, karena akan sulit bagi kalian untuk menabung jika kalian memiliki utang kartu kredit lebih banyak.

#5 Tidak Berinvestasi

20 tahunan adalah usia yang tepat untuk belajar dan memulai investasi. Namun, sebagian dari mereka tidak melakukanya. Semakin dini memulai investasi semakin besar peluang mendapatkan keuntungan berinvestasi. Investasi dapat memberikan keuntungan pada keuangan. Jika kalian ingin memulai sebuah investasi, carilah informasi dan saran dari profesional. Karena investasi yang gagal hanya akan membuang uang kalian, Dengan memiliki pengetahuan yang cukup, kalian dapat melakukan investasi yang akan memberikan pengaruh baik pada keuangan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.