Ketiban Duit 100 Juta? Gini Cara Ngaturnya

Ketika mendapat hadiah uang dengan nominal besar, sebagian besar orang langsung menghabiskan uang tersebut untuk membeli barang yang telah lama mereka impikan. Tanpa mereka sadari hal tersebut membawa kita ke gaya hidup yang lebih tinggi. Untuk itu, perlu perencanaan yang baik dalam pengalokasian uang dadakan tersebut. Kalian dapat mencoba tips uang dadakan ala muda mapan yaitu 2 x (20% + 15% + 10% + 5%). Begini cara pembagiannya.

  1. 20% Hutang dan Cicilan

Hal pertama yang harus kita lakukan ketika mendapatkan sejumlah uang adalah melunasi hutang dan cicilan. Sesegera mungkin lunasi hutang dan cicilan untuk menghapus beban dan mendapatkan ketenangan.

  1. 20% Kebutuhan

Gunakan untuk membeli kebutuhan hidup dan barang penunjang aktivitas harian yang selama ini belum sempat terbeli karena gak ada uang. Misal, selama ini kamu masih menggunakan ojek ketika berpergian, kamu bisa membeli motor untuk efisiensi uang dan waktu kerja.

  1. 15% Buka Usaha

Mungkin 15% tidaklah besar untuk membuka suatu usaha, namun cobalah untuk memiliki pendapatan tambahan dengan bisnis meski berskala kecil. Ciptakan penghasilan sampingan yang dapat menambah income kamu ketika uang dadakan tersebut sudah habis terpakai.

  1. 15% Reward Diri

Kebalikan dengan usaha, 15% mungkin terlihat besar untuk reward diri. Tapi percayalah, jika tidak dibatasi, mimin yakin bakal lebih dari 15% hehe. Pastikan barang yang kamu beli tidak membuat gaya hidupmu menjadi tinggi.

  1. 10% Investasi

Hal yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Lipat Gandakan uang yang kalian dapat dengan investasi. Pilihlah investasi yang aman dan menjanjikan keuntungan. Investasikan uangmu ke dalam beberapa platform investasi untuk mengurangi tingkat risiko kerugian.

  1. 10% Dana Darurat

Wajib banget untuk menyimpan sebagian uang untuk dana darurat. Ini bakal ngebantu banget ketika kamu dapet hal tak terduga. Dana darurat bertujuan supaya kita tidak bergantung dan menambah utang untuk hal ganting. Selain itu, dengan adanya dana darurat, hati kita menjadi lebih tenang dalam menjalani kehidupan.

  1. 5% Meningkatkan Skill

Penting tapi sering kelewat. Selain investasi ke uang atau barang, kita perlu untuk berinvestasi ke diri sendiri. Investasi tersebut bisa berupa membeli buku bacaan sampai membeli kelas atau mengikuti pelatihan skill berbayar. Tentunya hal ini bakal berguna banget buat masa depan kalian.

  1. 5% Sedekah

Yang biasanya sedekah cuma 2.5%, yuk tingkatkan dua kali lipat menjadi 5%. Yakali masa udah dikasih rejeki nomplok gada sedekahnya. Sedekah biar tambah berkah.

GImana? Udah siap dapet duit 100 juta?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.