Kiat Menyesuaikan Anggaran Saat Menghadapi Krisis

Hampir setiap orang pasti pernah memiliki masa sulit dalam keuangan. Apabila di tahun 2020 yang kacau karena pandemi seperti ini. Pandemi telah menghadirkan tantangan khusus bagi banyak orang. Penyakit serius, kematian anggota keluarga, keadaan darurat yang tidak terduga, dan kehilangan pekerjaan menciptakan situasi genting yang memaksa orang untuk mengubah kehidupan sebagian orang. Saat mengalami krisis keuangan mungkin kalian akan merasa bingung dan tidak berdaya. Namun bukan berarti kita tidak bisa melakukan apapun. Kalian dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk beralih ke anggaran sederhana dan meregangkan uang kalian.

  1. Hentikan Anggaran yang Tidak Penting
    Mengupas anggaran berarti membuat pilihan yang sulit. Tetapi kalian harus kembali bertanya pada diri sendiri, apakah biaya ini penting untuk kelangsungan hidup? Bisakah kalian bertahan tanpa itu? Anggaran dasar hanya mencakup kebutuhan – hal-hal seperti makanan, tempat tinggal, pakaian, listrik, air, dan biaya pengobatan. Namun hal ini juga harus memperhitungkan kewajiban keuangan, misalnya seperti membayar pinjaman atau tagihan pajak yang dapat mengakibatkan gaji yang dipotong. Tingkat kondisi keuangan kalian juga akan menentukan seberapa ketat kalian harus memotong anggaran belanja.
  2. Jeda Kontrak Layanan dan Langganan
    Memotong biaya dari anggaran mungkin tampak lebih merepotkan bagi kalian daripada nilainya jika kalian terikat dengan kontrak biaya pembatalan yang lumayan besar. Beberapa pengeluaran mungkin tidak perlu diberhentikan secara permanen. Kalian dapat menjeda layanan seperti misalnya kabel dan internet untuk jangka waktu tertentu daripada membatalkannya secara permanen, sehingga kalian dapat memulai kembali layanan nanti ketika situasi keuangan kalian membaik. Selain itu, kalian dapat menanyakan kepada penyedia layanan mengenai apakah kalian dapat menjeda pembayaran untuk sementara.
  3. Hentikan Pembayaran Hutang Ekstra
    Ketika kalian berada dalam keadaan ketidakpastian keuangan dan kalian membutuhkan uang kalian untuk meregang, pertimbangkan untuk menunda rencana pembayaran hutang kalian secara ekstra. Terus lakukan pembayaran minimum saat jatuh tempo, tetapi jangan membayar ekstra untuk saat ini. Bisa dibilang ini merupakan tindakan penghematan uang sementara, dan kalian dapat kembali melakukan pembayaran ekstra ketika situasi kalian kembali stabil.
  4. Kurangi Pengeluaran untuk Kebutuhan
    Hanya karena kebutuhan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi, bukan berarti kalian tidak dapat menemukan cara untuk membayar lebih murah. Kalian dapat mengurangi anggaran belanja dengan beli menggunakan kupon, menghindari makanan cepat saji, dan membeli produk unggulan lokal daripada merek ternama. Kalian juga dapat mengurangi biaya utilitas dengan mengurangi penggunaan. Selain itu, kalian dapat menurunkan biaya transportasi dengan menghemat bahan bakar dan lain sebagainya. Amati secara detail pengeluaran penting kalian dan pikirkan bagaimana kalian dapat memangkas pengeluaran Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.