Lima Perencanaan Keuangan yang Harus Dilakukan Sebelum 2021

Menjelang akhir tahun 2020, inilah waktu yang tepat untuk kalian merencanakan keuangan tahun baru 2021. 2020 adalah tahun yang sulit bagi sebagian orang. Berbagai permasalahan ekonomi muncul di tengah masyarakat. Banyak mata pencaharian ekonomi orang yang terkena dampak COVID-19, situasi beberapa orang terlihat sangat berbeda dari sebelumnya semenjak bulan April. Untuk mendapatkan keuangan yang lebih baik, berikut adalah beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan keuangan di tahun 2021.

# 1 Tetapkan tujuan keuangan untuk tahun 2021

Akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk menetapkan tujuan keuangan tahun 2021. Jangan menunggu tahun berganti untuk mulai menetapkan tujuan keuangan kalian. Rencanakan di mana kamu ingin berada di tahun 2021. Mulailah untuk membuat tujuan keuangan dalam satu tahun, lima tahun, sepuluh tahun, dan seterusnya. Susunlah langkah-langkah untuk membawa diri kalian ke sana.

# 2 Pastikan memiliki rencana keamanan finansial

Apakah kalian menggunakan username dan password yang sama di setiap akun keuangan? Mungkin saat ini kalian perlu menyiapkan rencana keamanan finansial. Peluang ancaman pelanggaran data terhadap akun kalian atau akun dapat diretas oleh orang lain sangat tinggi. Untuk itu penting bagi kalian mengambil beberapa langkah guna meminimalkan risiko supaya peretas tidak dapat mengakses informasi keuangan Anda. Satu hal yang dapat kalian lakukan adalah menyiapkan pengelola kata sandi untuk memasukkan beberapa variasi ke dalam kata sandi. Hal lainnya yang dapat dilakukan adalah mengatur otentikasi dua faktor (2FA) pada akun keuangan penting.

# 3 Buatlah dana darurat setidaknya 10% dari pendapatan

Membuat dana darurat adalah hal yang penting. Dana darurat disiapkan untuk menangani pengeluaran tak terduga. Dana darurat akan meringankan beban kalian saat berada dalam kondisi yang sulit. Membuat dana darurat merupakan langkah awal yang baik untuk menempatkan dirimu pada pijakan keuangan yang kokoh. Sisihkan setidaknya 10% dari pendapatan kalian untuk dana darurat. Jika pada tahun 2020 ini kalian belum mengalokasikan sebagian pendapatan untuk dana darurat, mulailah sebelum akhir tahun.

# 4 Tinjau kembali laporan kredit

Sekitar 10 dan 21 persen orang memiliki kesalahan dalam laporan kredit mereka. Membersihkan informasi yang salah atau tidak akurat dapat meningkatkan nilai kredit kalian. Meninjau laporan kredit yang sebenarnya dapat membuat perbedaan besar pada laporan kredit kalian.

# 5 Sisihkan sebagian pendapatan untuk beramal

Terakhir adalah menyisihkan pendapatan untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Melalui sedekah rezeki kalian akan bertambah. Di Amerika sumbangan amal mungkin dapat mengurangi pajak. Jika kalian memberikan sumbangan amal itu sebelum akhir tahun, kalian mungkin dapat menguranginya pada tahun pajak ini – jika tidak, kalian harus menunggu setahun penuh sebelum dapat menguranginya.

SOURCE

https://blog.mint.com/coronavirus-covid-19/7-money-steps-to-take-before-2021/

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.