nasihat kakak

Nasihat Seorang Kakak untuk Adiknya

Nasihat seorang kakak untuk adiknya yang waktu itu berumur 18 tahun.

Gesa… Secerdas apapun kita, jika membuat kesal orang lain dengan berperilaku kasar, tidak tahu cara membawa diri, atau ambruk hanya karena stres sedikit saja.

Maka, tidak seorang pun yang akan betah berada disamping kita. Orang tentu akan menghindari kita, bahkan mungkin menjauhi dan menghindari kita.

Lantas, mereka tidak akan pernah tahu sedalam apakah kebaikan yang kita miliki sehingga kita harus pandai menempatkan diri di tengah-tengah orang lain.

Gesa… Arahkan dan kendalikan diri kita sendiri dalam berpikir dan bertindak. Jangan bergantung pada orang lain secara emosional. Andalkan diri kita sendiri dalam merencanakan dan membuat keputusan penting.

nasihat

Hal yang tak kalah penting, jangan pernah mengambil keputusan berlandaskan emosi. Berpikirlah dengan jernih dengan mempertimbangkan sisi positif dan negatif dari segala sesuatu.

Gesa… Orang mandiri mampu bekerja sendiri. Maka, bergantunglah pada tingkat kepercayaan diri dan kekuatan batin kita.

Berdirilah dengan kedua kaki sendiri yang artinya kita mesti bertanggung jawab atas kehidupan pribadi. Jadilah diri sendiri dalam menentukan arah hidup. Jangan mau dipengaruhi oleh pihak ketiga.

Gesa… Jangan takut melakukan kesalahan sekecil apa pun.

Kita harus berlatih untuk menerima suatu rencana setelah mencernanya lebih dulu dalam pikiran kita, kemudian menghadapi kemungkinan bahwa akan ada yang tidak peka dengan diri kita.

Belajarlah dari Pengalaman

Gesa… Kita harus belajar dari pengalaman-pengalaman.

Cobalah untuk memaafkan dirimu sendiri karena telah melakukan banyak sekali kesalahan, tetapi jangan biarkan kesalahan itu menghambat kita di masa yang akan datang.

Gesa…. Tak seorang pun yang bisa 100% benar. Sejarah menunjukan bahwa orang yang paling sukses dan paling dikagumi pun ternyata pernah melakukan kesalahan fatal.

Kesalahan yang kelihatannya tidak bisa diperbaiki atau berkali-kali menemukan kegagalan dalam proses mencapai suatu tujuan. Semua orang tahu bahwa berbuat salah sesungguhnya manusiawi.

mengalami kegagalan

Gesa… Kita harus yakin atas kemampuan diri. Jangan cenderung untuk mengikuti kebanyakan orang yang bukan mewakili selera sendiri.

Jika kita merasa lebih baik, orang lain pun akan menghargai kita. Membuat keputusan dan menerapkannya, kemudian konsisten menghadapi semua akibatnya adalah kunci kesuksesan.

Gesa… Jangan pernah selalu menjadi pengikut. Cobalah menjadi pemrakarsa.

Kita seharusnya mandiri dengan mencerminkan keinginan yang mengakar untuk mengatur diri sendiri.

Biarkan orang lain yang menjadi pengikut kita. Tunjukkan bagaimana cara memimpin dan mengatur diri dengan sebaik mungkin.

Gesa… Harga diri sejati itu dibangun secara bertahap, selapis demi selapis dengan cara meraih kebanggaan yang bisa dibenarkan dalam bentuk prestasi nyata.

Bukan karena optimisme semu yang disodorkan oleh pihak ketiga.

Gesa… Mengetahui hal-hal yang tidak kita ketahui, menemukan orang yang mengetahuinya, dan memanfaatkan pengetahuan itu sebaik-baiknya.

Tiga hal tersebut adalah kunci yang membedakan antara orang yang bisa sukses, yang seharusnya sukses, dan yang hampir sukses.

nasihat kakak

Gesa… Lakukanlah yang kita suka lantas jalani hidup dengan sebaik-baiknya.

Kuliah bukanlah satu-satunya aspek kehidupan. Oleh karena itu, aktualisasi diri yang sejati mencakup juga kebutuhan untuk serba bisa, untuk menemukan keseimbangan di semua bidang yang kita tekuni.

Waktu cepat berlalu, semua orang bisa berubah….
Pada akhirnya, semuanya lewat, semuanya lenyap, semuanya membosankan….

Nasihat seorang Kakak akan senantiasa membekas di benak adiknya sampai kapan pun. Semoga nasihat ini dapat pula memberikan kesan dan motivasi untuk teman-teman sekalian.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.