Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Properti

Investasi properti menjadi salah satu jenis investasi yang populer di Indonesia. Berbeda dengan produk investasi lainnya, investasi properti biasanya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, investasi jenis ini tetap mempunyai banyak peminat karena sangat menguntungkan. Eits, sebelum memutuskan untuk investasi di bidang ini, kamu perlu memperhatikan beberapa hal untuk mengurangi kemungkinan resiko yang mungkin kamu dapatkan. Yuk simak 5 poin berikut! 

  1. Ketahui Tujuan Investasi 

Selain dinilai sebagai alternatif instrumen investasi jangka panjang, investasi properti juga termasuk jenis investasi yang resikonya tinggi. Kamu bisa saja gagal mendapat keuntungan karena beban perawatan yang tinggi, penyusutan bangunan, atau bahkan terkena bencana alam. Namun, kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dari kenaikan harga properti (capital gain) maupun dari harga sewanya (yield). Jadi, apakah jenis investasi yang HIGH risk ini sesuai dengan tujuan investasimu? 

  1. Pilih tipe properti 

Pilih tipe properti sesuai dengan budget ya! Jangan sampai kamu hanya mempertimbangkan perkiraan keuntungan tanpa melihat budget yang kamu miliki. Ada banyak tipe properti dengan budget yang beragam, mulai dari tanah kosong, rumah kontrakan, ruko, hingga apartemen. 

  1. Cek kondisi properti 

Kalau mau beli properti untuk diinvestasikan, cek dulu kondisi propertinya. Hal ini berpengaruh pada biaya maintenance properti. Apalagi jika kamu memutuskan untuk berinvestasi pada apartemen yang biasanya membutuhkan biaya maintenance lebih besar daripada rumah petak. 

  1. Lokasi Transport

Pertimbangan lokasi properti menjadi sangat penting untuk menentukan harga properti itu sendiri. Apakah lokasinya mudah dijangkau dari berbagai titik, bagaimana dengan kondisi lingkungannya, ketersediaan fasilitas publik, kemudahan akses transportasi, dan masih banyak lainnya. Semakin banyak faktor yang terpenuhi, maka lokasi properti semakin strategis. Berbagai hal tersebut yang akan mempengaruhi minat penyewa dan harga properti kita.  

  1. Cek legalitas dokumen 

Pastikan semua dokumen lengkap dan juga sudah menggunakan nama kamu. Beberapa dokumen yang harus kamu cek yaitu sertifikat bangunan, IMB, dan bukti pembayaran pajak.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.