Rahasia Mapan di Usia Muda

Mapan ketika masih usia muda memang keinginan semua orang. Hidup mapan tidak mesti harus kaya raya, tetapi lebih kepada memiliki keamanan finansial yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dan tidak terbebani oleh hutang atau tanggungan masa depan. Lalu bagaimana cara kita bisa memiliki kehidupan mapan di usia belia? Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mencapai kehidupan mapan sedini mungkin.

#1 Tetapkan Tujuan Keuangan yang Realistis

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menetapkan tujuan keuangan yang realistis. Tujuan keuangan yang realistis yang dimaksudkan adalah harus didasarkan pada total pendapatan dan kondisi kehidupan. Misalnya, dengan pendapatan 5 juta sebulan tidak mungkin kalian berencana untuk berganti mobil setiap satu tahun sekali.

#2 Hidup Dibawah Kemampuan

Untuk mencapai kesuksesan keuangan yang ingin kita miliki, kita harus bisa menahan keinginan dalam menghabiskan uang untuk kesenangan saat ini. Hiduplah di bawah kemampuan kalian dalam memenuhi kebutuhan, lalu simpan uangmu untuk mendapatkan nominal yang lebih besar dengan memutarkan uang dalam bisnis atau investasi aset yang dapat menghasilkan kalian uang.

#3 Patuhi Anggaran Belanja

Hal sederhana ini sering disepelekan oleh banyak orang. Nyatanya tidak mudah bagi sebagian orang mematuhi anggaran belanja yang telah mereka buat. Parahnya lagi sebagian dari mereka bahkan tidak membuat anggaran belanja dan tanpa disadari uang mereka habis begitu saja untuk membeli barang-barang yang sekiranya kurang diperlukan.

#4 Buat Rencana Pembayaran Utang

Untuk mencapai kehidupan mapan yang damai, kita perlu menghilangkan tanggungan yang membebani pikiran. Buatlah rencana pembayaran utang dan selesaikan sesegera mungkin supaya kalian bisa menabung atau berinvestasi lebih banyak. Tanamkan kepada diri untuk tidak menambah hutang lagi.

#5 Bangun Dana Darurat

Penting tapi sering terlewat. Sebagian orang terkadang terlalu fokus untuk menggandakan uang pada investasi sehingga lupa untuk menganggarkan dana darurat. Dalam prioritas, dana darurat lebih penting dibandingkan investasi. Simpan sebagian sisa pendapatan kalian ke dalam tabungan dana darurat terlebih dahulu sebelum kalian masukkan pada platform investasi. Gunakan tabungan yang mudah diambil saat dibutuhkan. Pastikan kalian menggunakan rekening tabungan yang berbeda dengan rekening utama.

#6 Cari Berbagai Peluang Penghasilan

Bangunlah pendapatan sampingan atau passive income jika kalian menginginkan financial freedom dalam kehidupan mapan kalian. Cari sesuatu yang dapat memberikan kalian uang meski kalian sedang melakukan hal lain seperti menyewakan bangunan kosong atau tanah yang kalian miliki kepada orang lain. Kalian akan mendapat pemasukan lebih tiap bulannya dibandingkan dengan mendiamkan aset tersebut.

#7 Jelajahi Investasi Baru

Jika ditanya mengenai investasi apa yang paling menguntungkan, jawabanya adalah tergantung. Kunci sukses berinvestasi adalah mencoba sendiri bagaimana investasi tersebut bekerja. Tidak ada kepastian dalam investasi, tapi dengan menjelajahi berbagai investasi, kita akan mengerti sense investasi dengan sendirinya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.