Selamatkan Keuanganmu 2021!

2020 memang tahun yang sulit. Pandemi COVID-19 membuat sebagian orang kehilangan sumber masukan. Beberapa orang mungkin merasa sulit sekali memenuhi kebutuhan hidup mereka. Namun untungnya tahun ini berlalu begitu cepat. Tak terasa sebentar lagi 2021 akan datang, waktu yang tepat bagi kalian membuat financial check up selama 2020. Financial check up dapat membantu kalian melihat seberapa jauh tujuan keuangan kalian tercapai. Apa saja sih yang perlu kalian check?

#1 Apakah tujuan keuangan kalian sudah terpenuhi?

Hal pertama yang perlu kalian check adalah apakah tujuan keuangan kalian sudah terpenuhi. Untuk mengetahui apakah tujuan keuangan kalian tercapai atau tidak, kalian dapat mengecek kembali daftar anggaran yang telah kalian buat selama satu tahun. Lihatlah apakah semua kebutuhan di tahun 2020 berhasil terpenuhi. Misalnya, apakah kredit mobil kalian sudah diangsur rutin? Apakah biaya pendidikan anak telah lunas dibayarkan? dan yang lainnya.

#2 Hutang sudah lunas atau semakin banyak?

Selanjutnya, untuk mengetahui apakah tujuan keuangan kalian sudah terpenuhi, kalian perlu mengecek apakah hutang yang kalian miliki telah lunas terbayar atau semakin banyak. Hutang yang tak kunjung lunas dan semakin menumpuk menandakan keuangan tidak dalam kondisi baik. Beberapa kebutuhan mungkin tidak terpenuhi oleh uang yang telah kalian anggarkan. Namun, jika hutang kalian terlunasi atau berkurang menuju lunas, maka selamat, keuangan kalian tahun 2020 dapat dikatakan berhasil.

#3 Apakah investasi kalian berjalan lancar?

Investasi yang sukses menandakan bahwa salah satu tujuan keuangan kalian telah tercapai. Kita tahu bahwa 2020 merupakan tahun sulit perekonomian, jika kalian berhasil dalam menginvestasikan sejumlah uang maka tujuan keuangan kailan, yaitu mendapatkan keuntungan dari investasi berhasil tercapai.

#4 Aset semakin bertambah atau berkurang?

Selain investasi dan hutang, hal yang perlu kalian cek adalah total aset yang kalian miliki, apakah aset kalian bertambah atau berkurang. Aset yang bertambah menggambarkan tercapainya salah satu tujuan keuangan kalian yaitu bertambahnya aset yang dimiliki.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.