Selamatkan Keuanganmu Sebelum Terlambat!

Waktu cepat berlalu, disadari atau tidak kita telah berada di penghujung tahun 2020. Kondisi ekonomi di tahun ini mungkin terkesan kacau, namun 2020 belumlah berakhir. Belum terlambat bagi kalian untuk membuat beberapa langkah keuangan cerdas untuk menyelamatkan tahun 2020 mu yang berharga. Berikut empat langkah strategis yang dapat kalian terapkan.

  1. Tahan Uangmu Untuk Pengeluaran Tidak Penting
    Pernahkah kalian bertanya, kemana uang kalian terbuang? Jawabannya mungkin uang kalian mengalir ke sesuatu yang jarang kalian gunakan atau membeli sesuatu yang dirasa tidak diperlukan. Luangkan waktu sebelum akhir tahun untuk mengaudit keuangan dan cari tahu kemana saja uang kalian mengalir. Salah satu cara untuk mengurangi pengeluaran adalah membuat daftar list pengeluaran. Kemudian kalian dapat mengurutkan mulai dari pengeluaran penting sampai pengeluaran yang tidak penting. Cobalah untuk mengurangi pengeluaran yang berada di peringkat tidak penting dan lihat berapa banyak uang yang dapat kalian hemat. Kalian juga bisa menerapkan aturan “tanpa pengeluaran” untuk anggaran kurang penting selama beberapa minggu ke depan dan membatalkan langganan yang jarang kalian gunakan. Kalian bisa menggunakan daftar pengeluaran tersebut untuk pertimbangan dalam menyusun anggaran baru untuk tahun depan.
  2. Ubah Gaya Hidup
    Gaya hidup konsumtif bahkan cenderung hedonis umumnya memperburuk kondisi keuangan. Bahkan tidak sedikit orang yang rela berhutang demi memiliki barang-barang branded terbaru. Demi memperbaiki kondisi keuangan ada baiknya kalian mulai untuk mengubah gaya hidup. Hentikan keinginan impulsif membeli barang baru sementara barang yang lama masih bisa kalian gunakan.
  3. Susun Anggaran Hari Ini Hingga Akhir Tahun
    Setelah mengetahui penyebab kekacauan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan anggaran keuangan yang jelas. Buatlah rincian pemasukan dan pengeluaran kalian, dengan begitu kalian dapat mempertimbangkan kebutuhan mana yang harus diutamakan serta mengetahui sisa uang yang bisa kalian sisihkan untuk menabung atau investasi. Kalian dapat menggunakan rumus 50:30:20 dalam menyusun anggaran dengan rincian 50% pendapatan untuk kebutuhan prioritas, 30% untuk kebutuhan pribadi, dan 20% untuk tabungan.
  4. Buat Rencana Keuangan Untuk Tahun 2021
    Untuk mendapatkan keuangan yang baik di tahun selanjutnya, buatlah rencana keuangan itu sebelum memasuki tahun baru. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk melihat secara penuh tahun keuangan kalian. Mulailah untuk melihat kesalahan keuangan dan melakukan perbaikan. Susunlah tujuan tahun baru kalian dari sekarang.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.