Uangku Kemana Ya, Kok Habis Gitu aja? Ketahui Hidden Cost yang Sering Tak Tercatat!

Pernah ga sih kalian merasa ga banyak beli tapi uang habis gitu aja? Kira-kira kemana saja uang itu habis digunakan?

  1. Administrasi Bank

Biaya admin adalah salah satu pengeluaran yang sering lupa kita catat dalam catatan keuangan. Untuk mengurangi pengeluaran admin bank, kita dapat memilih bank yang memiliki biaya administrasi murah dan memberikan keuntungan besar. Selain itu, carilah bank yang memiliki layanan transaksi mudah untuk memangkas durasi waktu yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal penting, sehingga semua terasa lebih cepat dan efisien.

  1. Parkir

Setibanya dirumah, banyak orang lupa untuk mencatat uang parkir yang tadi mereka keluarkan. Jika tujuan dekat, kita bisa berjalan kaki untuk mengurangi biaya parkir ini. Selain hemat biaya parkir, juga hemat bensin, badan menjadi lebih sehat.

  1. Tax restaurant

Meski sering diabaikan, pajak restoran dapat mengikis uangmu perlahan. Hindari rumah makan dengan pajak dan lebih baik untuk memasak sendiri dirumah untuk mengurangi pengeluaran.

  1. Ongkos kirim

Bandingkan harga, cari toko terdekat, dan memanfaatkan voucher free ongkir atau promo untuk mengurangi biaya pengiriman.

Beberapa biaya tadi sebenarnya bisa ditekan untuk mengurangi pengeluaran bulanan kita. Sehingga uang dapat kita alokasikan ke hal lain seperti menambah anggaran dana darurat atau dana tabungan.

Menurut kalian hidden cost apa lagi yang biasa terlewat untuk kalian catat?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.