Yakin Pencapaianmu Udah Cukup? Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Usia 30 Tahun!

Banyak sekali hal yang harus kalian persiapkan sebelum memasuki usia 30 tahun. Gunakan masa ini untuk membangun kehidupan mapan sedini mungkin. Untuk memastikan itu, kalian dapat menerapkan 4 langkah berikut.

#1 Tetapkan Passion

Sebelum menginjak usia 30 tahun, sebaiknya kita telah menentukan goals yang ingin kita capai. Bagi kalian yang belum memiliki tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai, ada banyak cara untuk menentukan goals masa depan kalian. Beberapa diantaranya adalah memahami apa minat serta bakat kalian, mencoba banyak hal, mengasah skill atau keahlian yang kalian miliki, bertemu dan berdiskusi dengan banyak orang.

#2 Menjelajahi Tempat Baru

Ketika masih berada pada usia kurang dari 30 tahun, seseorang biasanya memiliki cukup banyak waktu dan tenaga untuk melakukan banyak hal dan mengunjungi berbagai tempat. Buat yang masih di rentang usia itu, kalian bisa.mencoba untuk mendatangi tempat-tempat yang belum pernah kalian kunjungi. Dengan menjelajahi berbagai tempat, kalian mungkin akan bertemu dengan banyak orang yang beragam sehingga dapat memperluas perspektif dan sudut pandang diri kalian terhadap suatu hal.

#3 Merintis Bisnis

Berbicara mengenai keuangan, memiliki satu sumber pendapatan belumlah cukup untuk menjamin finansial kalian di masa depan. Perlu bagi kalian untuk membangun passive income untuk mendapatkan kemapanan finansial. Passive income penting untuk kita miliki karena dengan adanya pendapatan lebih dari satu kita akan lebih terjaga dan aman jika sewaktu-waktu salah satu sumber pendapatan yang kita miliki mampet atau terputus. Merintis sebuah bisnis adalah salah satu cara yang dapat kalian coba untuk membangun passive income berkelanjutan.

#4 Belajar Investasi

Salah satu hal yang tidak boleh kalian lewatkan adalah belajar investasi. Kalian pasti mengetahui istilah “waktu adalah uang”. Mengenal investasi dan belajar sedini mungkin membuka peluang lebih besar bagi kalian untuk mendapatkan lebih banyak uang dari investasi. Semakin cepat kalian berinvestasi semakin cepat dan besar kalian mendapat return. Tapi perlu kalian ingat bahwa investasi butuh ilmu, kemampuan analisa, dan strategi yang baik. Maka dari itu, pelajarilah hal-hal mengenai produk investasi, profil risiko, dan ilmu investasi lainnya sebelum kalian memutuskan untuk berinvestasi pada sebuah platform.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.